Minggu, 08 Januari 2012

contoh modul PAI

1.      Kompetensi Dasar:
a.       Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat.
b.      Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.
c.  Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.

2.      Indikator:
Siswa dapat:
a.       Menhjalaskan pengertian iman kepada malaikat.
b.      Menyebutkan nama-nama malaikat beserta tugasnya.
c.       Menunjukan perilaku iman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Materi pokok:
a.       Pengertian iman kepada malaikat
b.      Nama dan tugas malaikat
c.       Penghayatan iman kepada malaikat
d.      Contoh-contoh perilaku iman kepada malaikat
e.       Perilaku sebagai cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Uraian materi
Tentu sebagai orang Islam anda sudah sedikit banyak tahu tentang malaikat, entah itu baru hanya mendengar ataupun memahaminya. Sebagian dari kita mungkin hanya tahu tentang nama-nama malaikat Allah, tetapi belum secara rinci mengetahui tugas-tugas para malaikat dan menerapkan sikap beriman kepada malaikaat dalam kehidupan sehari-hari. Nah, oleh sebab itu pada modul ini akan di pelajari lebih dalam lagi tentang pengertian iman kepada malaikat, nama-nama dan tugas malaikat, penghayatan iman kepada malaikat, dan contoh-contoh perilaku iman kepada malaikat. Untuk itu bahasan selanjutnya akan mengajak anda untuk memahami lebih dalam tentang iman kepada malaikat.
Menginjak pada pembahasan pertama yaitu, pengertian iman kepada maliakat. Asal kata malaikat adalah malak jamaknya malaikat, adapun akar katanya adalah a’lak atau a’luka yang berarti risalah atau menyampaikan pesan. Maka beriman kepada malaikat berarti meyakini adanya makhluk gaib [makhluk yang tidak dapat dikenali dengan panca indera]. Akal manusia dapat menerima keberadaan malaikat walaupun kita tidak dapat melihatnya.
Malikat tidak pernah membantah atas segala perintah Allah SWT dan selalu patuh terhadap perintahnya seprti firman Allah SWT dalam QS. An-Nalh: 5
zO»yè÷RF{$#ur $ygs)n=yz 3 öNà6s9 $ygŠÏù Öäô$ÏŠ ßìÏÿ»oYtBur $yg÷YÏBur tbqè=à2ù's? ÇÎÈ  
“ Dan Dia telah menciptakan binatang ternak untuk kamu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai-bagai manfaat, dan sebahagiannya kamu makan.”

Sekarang anda tentu sudah mengetahiu pengertian iman kepada malaikat, dan selanjutnya kita akan membahas tentang nama-nama malaikat beserta tugasnya.malaikat yang wajib diketahui ada sepuluh nama malaikat yaitu sebagai berikut:
a.              Malaikat Jibril, adalah penghulu dari para malaikat yang bertugas sebagai perantara untuk menyampaikan wahyu kepada para nabi atau rasul dengan kehendak Allah SWT.
$tBur ãA¨t\tGtR žwÎ) ̍øBr'Î/ y7În/u ( ¼çms9 $tB tû÷üt/ $uZƒÏ÷ƒr& $tBur $oYxÿù=yz $tBur šú÷üt/ y7Ï9ºsŒ 4 $tBur tb%x. y7/u $|Å¡nS ÇÏÍÈ  
64. Dan tidaklah Kami (Jibril) turun, kecuali dengan perintah Tuhanmu. kepunyaan-Nya-lah apa-apa yang ada di hadapan kita, apa-apa yang ada di belakang kita dan apa-apa yang ada di antara keduanya, dan tidaklah Tuhanmu lupa.


b.              Malaikat Mikail, bertugas memberi kemudahan atau rizki kepada seluruh makhluk Allah khususnya manusia.
c.              Malaikat Izroil, bertugas untuk mencabut ruh [nyawa] semua makhluk, termasuk nyawa para malaikat itu sendiri.
d.             Malaikat Isrofil, bertugas meniup sangkakala pada saat menjelang pada hari kiamat dan menjelang manusia dibangkitkan.
e.              Malaikat Rakib, bertugas mencatat atau membukukan segala ucapan dan amal perbuatan baik manusia sekecil apapun.
f.               Malaikat Atit, bertugas mencatat atau membukukan segala ucapan dan amal perbuatan jahat manusia sekecil apapun.
$¨B àáÏÿù=tƒ `ÏB @Aöqs% žwÎ) Ïm÷ƒys9 ë=Ï%u ÓŠÏGtã ÇÊÑÈ  
“Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya Malaikat Pengawas yang selalu hadir.”

g.              Malaikat Mungkar dan Nakir, bertugas mengadili dan menanyakan apa yang telah dilakukan atau diperbuat manusia pada masa hidup didunia.
h.              Malaikat Malik, bertugas menjaga neraka.
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#þqè% ö/ä3|¡àÿRr& ö/ä3Î=÷dr&ur #Y$tR $ydߊqè%ur â¨$¨Z9$# äou$yfÏtø:$#ur $pköŽn=tæ îps3Í´¯»n=tB ÔâŸxÏî ׊#yÏ© žw tbqÝÁ÷ètƒ ©!$# !$tB öNèdttBr& tbqè=yèøÿtƒur $tB tbrâsD÷sムÇÏÈ  
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”


i.                Malaikat Ridwan, bertugas menjaga surga tempat manusia menerima imbalan dari ketakwaan dan amal sholehnya.
ÎŽÅe³o0ur šúïÏ%©!$# (#qãYtB#uä (#qè=ÏJtãur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# ¨br& öNçlm; ;M»¨Yy_ ̍øgrB `ÏB $ygÏFøtrB ㍻yg÷RF{$# ( $yJ¯=à2 (#qè%Îâ $pk÷]ÏB `ÏB ;otyJrO $]%øÍh   (#qä9$s% #x»yd Ï%©!$# $oYø%Îâ `ÏB ã@ö6s% ( (#qè?é&ur ¾ÏmÎ/ $YgÎ7»t±tFãB ( óOßgs9ur !$ygŠÏù Ólºurør& ×ot£gsÜB ( öNèdur $ygŠÏù šcrà$Î#»yz ÇËÎÈ  
“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : "Inilah yang pernah diberikan kepada Kami dahulu." mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.”


Oke, menginjak pembahasan berikutnya tentang penghayatan iman kepada malaikat. Tanda penghayatan terhadap sesuatu biasanya di cerminkan pada sikap dan perilaku sehari-hari. Adapun hal-hal yang mencerminkan iman kepada malaikat, antara lain sebagai berikut:
1.      Membiasakan dan gemar melakukan amal sholehb, disiplin, dan patuh pada ajaran Islam.
2.      Bekerja keras demi produktivitas [jihad] dan yakin akan mendapat perlindungan Allah SWT.
3.      Memurnikan ajaran Islam, memantapkan tauhid, dan menjauhi tahayul.
4.      Menjahui dan mencegah diri sendiri, keluarga serta lingkungan dari perbuatan tercela yang tidak diridhoi Allah.
5.      Waspada dan mawas diri karena merasakan kehadiran malaikat yang senantiasa mengawasinya.
6.      Jujur dan meyakini bahwa kelak akan mempertanggungjawabkan semua perbuatan yang baik ataupun buruk.
Nah tentunya anda semua mempunyai pengetahuan yang cukup tentang iman kepada malaikat dan untuk menambahi tentang pengetahuan saudara-saudara maka pembahasan terakhir ini adalah tentang hikmah penghayatan iman kepada maliakat. Beberapa hikmah beriman kepada malaikat antara lain sebagai berikut:
1.      Beriman kepada malaikat dapat meningkatkan manusia dalam hal pengetahuan indrawinya kepada ilmu pengetahuan non materi atau metafisika. Manusia dapat menumbuhkan rasa kemanusiaan berserta segala kelebihannya dengan tetap taat dan patuh kepada Allah SWT dan dengan meyakini bahwa malaikat pun taat dan patuh kepada Allah SWT.
2.      Memiliki pemahaman bahwa ada malaikat yang bertugas mencatat amal perbuatan manusia, baik perbuatan baik maupun perbuatan jahat.
3.      Mengimani malaikat berikut sifat-sifatnya akan memberikan manfaat yang besar dalam hidup dan kehidupan ditengah-tengah masyarakat yang penuh dengan berbagai macam persoalan. Orang yang bertakwa senantiasa optimis dan tidak ragu ataupun gentar dalam menhadapi persoalan baik dalam keadaan seorang diri maupun dalam keadaan bertsama-sama karena ada malaikat yang mengawasinya.
4.      Mengimani malaikat dengan segala sifat-sifatnya akan dapat mendorong seseorang untuk melakukan hal yang terbaik cdan berlomba-lomba dalam kebaikan seperti yang diperintahkan Allah SWT.
* (#rßç6ôã$#ur ©!$# Ÿwur (#qä.ÎŽô³è@ ¾ÏmÎ/ $\«øx© ( Èûøït$Î!ºuqø9$$Î/ur $YZ»|¡ômÎ) ÉÎ/ur 4n1öà)ø9$# 4yJ»tGuŠø9$#ur ÈûüÅ3»|¡yJø9$#ur Í$pgø:$#ur ÏŒ 4n1öà)ø9$# Í$pgø:$#ur É=ãYàfø9$# É=Ïm$¢Á9$#ur É=/Zyfø9$$Î/ Èûøó$#ur È@Î6¡¡9$# $tBur ôMs3n=tB öNä3ãZ»yJ÷ƒr& 3 ¨bÎ) ©!$# Ÿw =Ïtä `tB tb%Ÿ2 Zw$tFøƒèC #·qãsù ÇÌÏÈ  
36. Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh[294], dan teman sejawat, Ibnu sabil[295] dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,

Sekarang pengetahuan anda tentang iman kepada malaikat sudah bertambah dan tentunya anda sudah mengetahui hikmah beriman kepada malaikat. Harapan setelah anada belajar iman kepada malaikat anda bias mengamalkan apa yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Rangkuman
Pengertian iman kepada maliakat. Asal kata malaikat adalah malak jamaknya malaikat, adapun akar katanya adalah a’lak atau a’luka yang berarti risalah atau menyampaikan pesan. Maka beriman kepada malaikat berarti meyakini adanya makhluk gaib [makhluk yang tidak dapat dikenali dengan panca indera]. Akal manusia dapat menerima keberadaan malaikat walaupun kita tidak dapat melihatnya. Nama-nama malaikat, yaitu malaikat Jibril, malaikat Mikail, malaikat Izrail, malaikat Israfil, malaikat Munkar dan Nakir, malaikat Raqib dan Atid, serta malaikat Malik dan Ridwan. Tanda penghayatan terhadap sesuatu biasanya di cerminkan pada sikap dan perilaku sehari-hari. Beberapa hikmah beriman kepada malaikat dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
6.      Latihan
Kerjakan soal-soal latihan dibawah ini sesuai dengan pengetahuan yang telah anda dapatkan, kerjakan dengan jawaban singkat dan jelas.
1.      Jelaskan pengertian iman kepada malaikat!
2.      Tuliskan ayat Al-Qur’an tentang tugas malaikat jibril!
3.      Sebutkan sepuluh nama malikat beserta tugasnya!
4.      Apakah hikmah iman kepada malaikat? Jelaskan!
5.      Sebutkan contoh-contoh perilaku iman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana cara anda menghayati iman kepada malaikat!
7.      Tugas Mandiri
1.      Akar kata malaikat adalah a’lak atau akluka yang berarti….
a.       Menyembunyikan pesan
b.      Menyampaikan pesan
c.       Menyembunyikan tugas
d.      Menyampaikan tugas
e.       Meninggalkan tugas
2.      Malaikat diciptakan Allah dengan tugas….
a.       Mengurus alam semesta
b.      Mencegah perbuatan munkar
c.       Menjaga manusia
d.      Menunjuki manusia
e.       Mencegah setan yang akan menggoda manusia
3.      Allah SWT berfirman
$¨B àáÏÿù=tƒ `ÏB @Aöqs% žwÎ) Ïm÷ƒys9 ë=Ï%u ÓŠÏGtã ÇÊÑÈ  
            Yang artinya adalah….
a.        Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya Malaikat Pengawas yang selalu hadir.
b.       Dan kalau Kami turunkan kepadamu tulisan di atas kertas, lalu mereka dapat menyentuhnya dengan tangan mereka sendiri, tentulah orang-orang kafir itu berkata: "Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata."
c.        Tunjukilah Kami jalan yang lurus,
d.       Timbangan pada hari itu ialah kebenaran (keadilan), Maka Barangsiapa berat timbangan kebaikannya, Maka mereka Itulah orang-orang yang beruntung.
e.        Sesungguhnya orang-orang yang tidak mengharapkan (tidak percaya akan) Pertemuan dengan Kami, dan merasa puas dengan kehidupan dunia serta merasa tenteram dengan kehidupan itu dan orang-orang yang melalaikan ayat-ayat Kami,
4.      Hikmah beriman kepada malaikat adalah….
a.       Membanggakan diri
b.      Mengetahiui nama malaikat
c.       Merasa diri lebih baik
d.      Berhati-hati dalam berperilaku
e.       Lebih berwaspada terhadap makhluk gaib
5.      Dibawah ini fungsi iman kepada malaikat, kecuali….
a.       Mendidik manusia agar patuh dan taat pada ajaran agama
b.      Agar selalu berhati-hati atas semua perbuatannya
c.       Orang akan selalu optimis dalam menghadapi beraneka ragam persoalan
d.      Mendorong seseorang untuk selalu berbuat baik
e.       Mendorong seseorang untuk mempelajari ilmu kekebalan
Kunci jawaban
1.      B
2.      D
3.      A
4.      D
5.      E

2 komentar: